. . .
  • Jl. Dharmawangsa No. 60 Kel. Airlangga, Kec. Gubeng, Surabaya, 60256
  • 031-99445360
  • Jl. Dharmawangsa No. 60 Kel. Airlangga, Kec. Gubeng, Surabaya, 60256
  • 031-99445360

Adakan Workshop Pertanian, Seribu Senyum Komitmen dalam Pemberdayaan Ekonomi Petani

  • Home
  • News Update
  • Adakan Workshop Pertanian, Seribu Senyum Komitmen dalam Pemberdayaan Ekonomi Petani

Adakan Workshop Pertanian, Seribu Senyum Komitmen dalam Pemberdayaan Ekonomi Petani

Sebagai sebuah lembaga sosial yang berfokus pada pemberdayaan masyarakat, Seribu Senyum selalu berusaha menghadirkan program-program inovatif di ranah pemberdayaan masyarakat. Oleh karena itu,  bekerjasama dengan Majelis Pemberdayaan Masyarakat  Muhammadiyah (MPM PWM) Jawa Timur dan Agro Mulia, Seribu Senyum menyelenggarakan “Workshop  : Pupuk Organik Murah Serta Sehat dan Rencana Pembentukan Bulog-Mu” di Agro Mulia pada sabtu 12  Januari 2019. Workshop ini merupakan bentuk ikhtiar dari Seribu Senyum dalam mewujudkan kemandirian pangan dan kesehjateraan petani.

Workhsop ini juga merupakan bentuk komitmen kuat dari Seribu Senyum dalam dunia pertanian organik. Dalam pemaparannya, Ustadz Sulthon Amien selaku pembina yayasan Seribu Senyum menegaskan bawah untuk mewujudkan baldataun thayyibatun warabbun ghafur, harus dimulai dari konsumsi makanan-makanan yang sehat, dan proses pertanian yang sehat pula. Tidak mungkin bisa negara ini maju, kalo makanannya masih dipenuhi penyakit dan zat kimia. Hendra Sedjalaksana seorang ahli pupuk hayati pun mempertegas pernyataan pembina Seribu Senyum, “ proses pertanian organik tidak hanya persoalan kesehatan saja, tapi bagaimana kemudian pertanian organik bisa lebih mensejahterakan petani melalui hasil yang melimpah dan biaya yang jauh lebih rendah ketimbang pertanian dengan pupuk kimia”.

Sejalan dengan visi besar mengenai kesehjateraan petani dan kemandirian pangan, Ustadz Gunawan selaku ketua MPM PWM mengatakan bahwa Muhammadiyah Jawa Timur memiliki komitmen yang sejalan dan siap untuk berkolaborasi dalam tujuan mulia ini. “Sudah waktunya kita akhiri krisis pangan di Indonesia. Krisis pangan bukan hanya persoalan kelangkaan pangan, tapi bagaimana kemudian banyaknya tangan-tangan jahat yang seenaknya memainkan harga bahkan melakukan impor beras ketika para petani panen besar tahun ini”, ucap ustadz Gunawan dalam sambutannya,

Workshop ini sendiri  dihadiri oleh puluhan petani dan pemerhati pertanian dari berbagai daerah di Jawa Timur, bahkan turut dihadiri oleh  Majelis Pemberdayaan Masyarakat Pimpinan Pusat Muhammadiyah (MPM PP). Dalam acara tersebut juga disepekati pendirian sebuah wadah, yang nantinya wadah tersebut akan mendampingi petani dalam proses pertanian hingga bagaimana kemudian memastikan bahwa hasil pertanian para petani dibeli dengan harga tinggi dan mampu dipasarkan ke seluruh instansi maupun masyarakat Jawa Timur. Untuk mewujudkan hal tersebut, nantinya akan dibentuk panitia ad hoc yang beranggotakan dari Seribu Senyum, Agro Mulia, MPM PWM dan perwakilan setiap daerah dalam pembentukan wadah tersebut dan akam difasilitasi oleh MPM PP Muhammadiyah.

Menebar Senyum Menumbuhkan Asa

LEAVE A COMMENT