Terlihat begitu bersemangat seorang wanita tangguh berboncengan di terik mentari bersama sang putri kecilnya yang telah pulang sekolah. Sosok wanita tangguh itu adalah Agnes Elizabeth Hari Kusumawardhani biasa orang memanggil dengan sebutan Ibu Agnes (40 Th). Wanita tangguh ini telah 2 tahun di tinggal suaminya, suaminya telah meninggalkannya dengan wanita lain. Ia berjuang menafkahi empat orang anaknya yang masih sekolah dengan berjualan makanan dan mejadi buruh laundry setrika disekitar rumahnya.

“Saat saya ditinggal oleh suami saya, Saya mulai mencari nafkah untuk mencukupi kebutuhan keluarga dan menggantikan posisi ayah dalam keluarga kecil saya, sampai akhirnya saya bertemu dengan Mbak Chikma (Fasilitator Unit Bisnis Yayasan Seribu Senyum) saya diberikan motivasi untuk bangkit. Alhamdulillah, sekarang saya menjadi salah satu dapur Catering Bassamah Food dari Yayasan Seribu Senyum. Awalnya boro-boro Mbak, kepikiran saja ndak. Sekarang sih apapun akan saya lakukan asal halal, demi anak,” tutur wanita tangguh ini.

Meski penghasilan dari berjualan tahu belum bisa mencukupi kebutuhan dia dan keempat anaknya, dengan penuh syukur wanita tangguh ini cukup bahagia karena kebutuhan anak-anak terpenuhi dengan hasil usahanya sendiri. “Meskipun berat, karena setiap pagi saya harus mengurus anak, memasak pesanan makanan dan sarapan anak, serta mengantarkan anak sekolah, Lalu siang hari saya harus menjadi buruh mencuci baju dan setrika di sekitar kampung, setelah itu menjemput anak sekolah, dll Tapi, saya akan terus berusaha, toh ini juga demi mereka,” katanya.

Agnes adalah pahlawan bagi ketiga buah hatinya, dengan seketika dia menjadi sosok ibu dan ayah bagi anaknya, dirinya sangat bersyukur telah memiliki teman dan keluarga yang terus memberikan support dan dukungan kepadaku untuk tetap semangat untuk berjuang demi keluarga tercintanya.

“Terimakasih ya kepada Yayasan Seribu Senyum sudah membantu saya untuk mencukupi kebutuhan saya lewat Program Bassamah Food, serta anak saya telah dibantu biaya sekolah melalui Program Beasiswa Seribu Senyum, Mudah-mudahan Seribu Senyum semakin sukses dalam memberikan manfaat kepada masyarakat luas ” pungkas Agnes. (Fasilitator Prodev)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat