Artikel

AMALAN HARI JUMAT DAN KEUTAMAANNYA YANG DIANJURKAN UNTUK UMAT ISLAM
AMALAN HARI JUMAT DAN KEUTAMAANNYA YANG DIANJURKAN UNTUK UMAT ISLAM

Bagi orang muslim, hari Jumat merupakan hari yang istimewa. Sebab setiap amalan yang dilakukan pada hari Jumat akan mendapatkan ganjaran yang berlipat-lipat. Maka dari itu, sangat merugi apabila Anda tidak menjalankannya. Hari Jumat merupakan hari yang mulia. Ada begitu banyak amalan di hari Jumat yang bisa Anda amalkan.

Dalam beberapa riwayat menyebutkan bahwa Rasulullah SAW suka melakukan aktivitas tertentu pada hari Jumat, seperti berdzikir dan berdoa. Rasulullah dan sahabat telah mengajarkan bagaimana seharusnya kita sebagai umat muslim menjalankan hari Jumat untuk mendapatkan sebanyak-banyaknya pahala dari Allah SWT.

Amalan serta Keutamaan Hari Jumat

  • Membaca surat Al-Kahfi

Amalan pertama yang dianjurkan Anda kerjakan pada hari Jumat yaitu membaca surat Al-Kahfi. Nabi Muhammad SAW bersabda “Barangsiapa membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat, maka ia akan disinari oleh cahaya di antara dua Jumat”. (HR. Hakim)

  • Memperbanyak shalawat

Memperbanyak shalawat di hari Jumat menjadi amalan utama yang bisa Anda lakukan. Banyak hadist yang menyebutkan jika bersalawat pada hari Jumat mendapatkan kedudukan yang lebih dibandingkan bersalawat pada waktu yang lain.

Diriwayatkan Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda,’Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku di malam bercahaya dan di hari yang bersinar.’ (H.R. Baihaqi)

  • Melaksanakan shalat Jumat

Amalan wajib untuk umat muslim pria adalah melaksanakan shalat Jumat. Bahkan shalat Jumat diibaratkan sebagai hajinya orang-orang yang belum mampu.

‘Barangsiapa membasuh pakaian dan kepalanya, mandi, bergegas Jumatan, menemui awal Khutbah, berjalan dan tidak menaiki kendaraan, dekat dengan imam, mendengarkan khutbah dan tidak bermain-main, maka setiap langkahnya mendapat pahala berpuasa dan shalat selama satu tahun. (HR. Al-Tirmidzi dan Al-Hakim).

  • Membersihkan Diri

Saat hari Jumat Anda juga bisa melakukan amalan membersihkan diri seperti mencukur ambut, bersiwak dan memotong kuku. Hal ini sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh umat muslim.

Selain itu, mandi sebelum berangkat untuk shalat Jumat juga disunahkan. Seperti diriwayatkan dalam sebuah hadist dari Ibnu Umar, Rasulullah SAW bersabda,’Barangsiapa yang mendatangi shalat Jumat baik laki-laki maupun wanita maka hendaklah mandi.’ (HR Ibnu Hibban).

Demikian amalan hari Jumat beserta keutamaannya yang perlu diketahui oleh umat Islam. Semoga kita semua bisa istiqomah menjalankannya.

semoga kta apat mengamalkan kebaikan kebaikan di hari jumat yang penuh berkah dan dapat menolong sesama umat muslim. Karena sejatinya amalan tidak akan putus atau henti. Jika kita memiliki banyak amalan kebaikan, maka in shaa allah akan menjadi bekal nanti di akhirat walau sudah meninggal dunia. 


TOP