Artikel

Banjir Gresik, Yayasan Seribu Senyum Sebar Bantuan Pangan Ratusan Warga Korban Banjir Terbantu Berkat Bantuan Sedekah Pangan
Banjir Gresik, Yayasan Seribu Senyum Sebar Bantuan Pangan Ratusan Warga Korban Banjir Terbantu Berkat Bantuan Sedekah Pangan

Ratusan Warga korban bencana banjir di Gresik mendapat bantuan sembako Dapur Umum pada tanggal 31 Desember 2020.

Program Senyum Tanggap Bencana berupa sedekah pangan Dapur umum ini diinisiasi oleh Yayasan Seribu Senyum. Kegiatan ini dilaksanakan di sejumlah tempat, diantaranya desa Delik Sumber, Desa Morowudi, Desa Dalean Kidul dan Desa Sedapur Klagen.

Kegiatan ini dilaksanakan bertepatan dengan malam tahun baru 2021. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membantu masyarakat korban bencana banjir, khususnya dalam pemenuhan kebutuhan nutrisi mereka. Hal ini dikarenakan saat terjadi bencana, semua aktivitas warga lupuh dan warga kesulitan untuk memenuhi kebutuhannya termasuk dalam hal nutrisi.

“Di belakang desa ini ada sungai kali lamong. Setiap tahun desa kami selalu mendapat banjir kiriman dari kali lamong. Namun tahun ini paling parah karena ketinggian air setinggi paha orang dewasa. Dan arus air sangat deras hingga membuat beberapa pintu rumah warga mengalami kerusakan. Selain itu karena banjir besar ini, semua aktivitas warga terganggu dan akses warga menjadi terputus.”, ujar Joko, Kepala Desa Delik Sumber, Gresik.

Di Desa Delik Sumber contohnya, salah satu desa yang mengalami banjir besar di Gresik.

Di Desa ini terdapat 609 rumah yang terendam banjir dan 680 KK terdampak. Desa ini terendam banjir sejak minggu ke 2 bulan Desember 2020. Sejak banjir terjadi, akses warga menjadi sulit dan banyak warga yang mengungsi ke rumah warga lainnya yang tidak terkena banjir.

Karenakan kesulitan akses, warga menjadi tidak bisa bekerja dan pendapatan mereka menjadi berkurang, sehingga kesulitan untuk pemenuhan nutrisi sangat dirasakan oleh warga.

Tidak hanya nutrisi, banjir ini juga telah membuat warga mengalami kerugian yang besar karena banyaknya perabotan elektronik yang rusak serta pendapatan yang menurun akibat dari warga yang tidak bisa bekerja.

Tentunya hal ini sangat sulit bagi mereka mengingat belum diketahui kapan berakhirnya banjir tersebut.

Sementara itu, salah satu warga DesaMorowudi, Imron (50) mengungkapkan harapannya agar  banjir cepat berakhir dan pemerintah cepat mengatasi masalah banjir tersebut.

"Banjir ini setiap tahun pasti datang. Namun tahun ini lebih besar dan membuat warga kesulitan. Kami berharap semoga banjir ini segera selesai dan pemerintah bisa bergerak cepat dalam mengatasi banjir ini khususnya dalam pengendalian banjir Kali Lamong." pungkasnya

Selain memberikan bantuan paket sembako, Yayasan Seribu Senyum juga memberikan bantuan berupa susu, nasi bungkus dan paket kebersihan gigi kepada warga terdampak banjir di Greik.

Program ini juga terselanggara berkat bantuan dari komunitas Sedekah Jumat, komunitas Wong Edan Surabaya, komunitas Santri Warkop, Pemuda Ansor Surabaya, Yayasan Sahabat Mustahiq dan Yayasan Sohibul Yatim Surabaya.

Tidak hanya program Senyum Tanggap Bencana dan Sedekah Pangan, Yayasan seribu senyum memiliki beberapa program lainnya yaitu bidang kesehatan berupa Senyum Keluarga sehat, bidang pendidikan berupa Senyum Prestasi dan Rumah Yatim Muslim Preneur, bidang ekonomi berupa Senyum Mandiri, bidang sosial kemanusiaan berupa Senyum Dakwah dan Kampung berdaya .

TOP