Artikel

BERSAMA SERIBU SENYUM GELAR PENYULUHAN DAN WORKSHOP SABUN RAMAH LINGKUNGAN
BERSAMA SERIBU SENYUM GELAR PENYULUHAN DAN WORKSHOP SABUN RAMAH LINGKUNGAN

Dalam rangka mengajak masyarakat untuk menerapkan gaya hidup ramah lingkungan, Yayasan Seribu Senyum dan Kitabisa.com menyelenggarakan penyuluhan dan workshop sabun ramah lingkungan. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 3 November 2022 di Karangpilang, Surabaya.

Penyuluhan dan workshop ini sebagai bentuk peran aktif Yayasan Seribu Senyum dan Kitabisa.com dalam mewujudkan pelestarian lingkungan. Sebanyak 40 peserta menghadiri kegiatan ini yang terdiri dari ibu-ibu rumah tangga dan selalu berkecimpung dengan sampah rumah tangga salah satunya di dapur.

Sampah saat ini menjadi persoalan besar di tengah masyarakat, jumlahnya yang kian menumpuk menyebabkan berbagai masalah lingkungan yang bermunculan. Data kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyebutkan pada tahun 2021 volume sampah di Indonesia mencapai 18,2 juta ton/tahun dari 154 kabupaten/kota. Dari besarnya volume sampah tersebut, sebagian besar masih belum terkelola dengan baik.

Dari permasalahan tersebut menjadikan kami untuk mengajak masyarakat agar lebih giat lagi dalam menjaga lingkungan. Melalui kegiatan penyuluhan ini, kami mengambil topik mengenai pengelolaan sampah dapur menjadi eco enzym yang memiliki peranan besar untuk lingkungan. Nofi Fadila selaku pemateri yang merupakan co founder kampoeng djoeang dengan memberikan penyuluhan yang berisi tentang penggunaan serta manfaat dari eco enzym.

Eco enzym merupakan cairan hasil fermentasi limbah dapur organik seperti ampas buah dan sayuran yang kemudian dilarutkan dengan gula merah atau gula aren. Ada banyak manfaat dari eco enzym yaitu sebagai desinfektan, penyubur tanaman, penangkal serangga dan masih banyak lagi.

Adapun tujuan dari penyuluhan ini yaitu untuk memberikan edukasi pada masyarakat khususnya peserta yang hadir mengenai pengolahan sampah organik. Serta diharapkan mampu menerapkannya sebagai kebutuhan rumah tangga yang terbuat dari bahan alami agar lebih ramah lingkungan serta terhindar dari bahan kimia.

Tidak hanya melakukan kegiatan penyuluhan, tetapi para peserta juga mendapat kesempatan mengikuti workshop pembuatan eco enzym bersama-sama. Para peserta terlihat begitu antusias ketika mengikuti kegiatan ini.

Perlu diketahui bahwa kegiatan penyuluhan dan workshop sabun ramah lingkungan ini merupakan salah satu dari banyak kegiatan yang diadakan oleh Seribu Senyum yang diharapkan mampu memberikan manfaat besar berkelanjutan untuk masyarakat.

TOP