Artikel

CARA MENGEMBALIKAN SEMANGAT ANAK BELAJAR SETELAH LIBUR PANJANG USAI
CARA MENGEMBALIKAN SEMANGAT ANAK BELAJAR SETELAH LIBUR PANJANG USAI

Libur lebaran telah usai. Masyarakat kembali melakukan rutinitas seperti bekerja, sekolah maupun kegiatan lainnya. Libur panjang seringkali membuat seseorang merasa malas dalam beraktivitas. Terlebih pada anak-anak. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Nah berikut ini 5 trik yang bisa dicoba. Simak selengkapnya berikut ini. 

1. Ingatkan Anak Akan Tugas Mereka Belajar dan Beri Motivasi


Cara pertama untuk mengembalikan semangat belajar anak setelah libur panjang adalah dengan mengingatkan mereka akan tugasnya untuk belajar dan beri mereka motivasi.  Dan cara mengingatkannya dengan membuat anak termotivasi. Para Orangtua dapat mengingatkan, dengan menanyakan apakah ada tugas PR yang belum diselesaikan. Nah Ini akan membuatnya mengingat kembali tugas itu. Dan segera mengerjakannya jika memang ada tugas sekolah. Dengan demikian, perlahan semangat belajar anak pulih kembali. Disini, orangtua harus mendampinginya. 


2. Menyiapkan Kebutuhan Sekolah bersama anak 


Cara kedua, siapkan kebutuhan sekolah anak menjelang libur panjang yang telah usai. Namun kita harus melibatkan anak kita agar mereka merasa memiliki tanggung jawab dalam kembali ke sekolah. Misalnya, menyiapkan semua hal seperti seragam sekolah, buku, tas, sepatu sekolah, maupun sarana belajar lainnya secara lengkap. Dengan menyiapkan kelengkapan sekolah, anak-anak juga akan kembali semangat belajar setelah libur panjang.


3. Ingatkan Mengenai Mimpi Anak 


Cara ketiga, jika anak malas belajar usai libur panjang, ingatkan mereka tentang mimpi dan cita-cita mereka. Para orangtua bisa mencoba membangkitkan sisi emosional anak dengan mengatakan, misalnya "kalau kamu semangat belajar, cita-citamu akan mudah diraih,".  Dan hal ini akan memicu anak untuk bergegas membuang rasa malasnya usai libur panjang. Mereka akan kembali semangat belajar setelah termotivasi cita-cita mereka.


4. Ingatkan Risiko Jika Malas Belajar


Cara keempat yaitu dengan mengingatkan anak jika malas belajar usai libur panjang. Orangtua bisa memberi anak suatu peringatan 'lembut' untuk buah hati jika dia malas belajar. Misalnya, nilai bisa turun, ranking anjlok, bahkan ketinggalan materi belajar. Tapi tentunya dengan tidak dengan nada menakuti. Gunakan pendekatan yang baik untuk hal ini supaya anak bisa kembali semangat belajar setelah libur panjang.


5. Beri Apresiasi


Cara lain untuk mengembalikan semangat belajar anak setelah libur panjang, berilah dia apresiasi, penghargaan kecil. Hal ini bisa berupa ungkapan yang dapat memotivasi, maupun berupa hadiah. Lalu berilah dia hadiah nyata sesuai keinginan mereka. Disini anak-anak biasanya menyukai hadiah dan biasanya akan bersemangat dalam belajar setelah libur panjang. 


Itulah tadi cara mengembalikan semangat anak belajar setelah libur panjang. Dan para orangtua dapat menerapkan beberapa tips diatas. Tentunya dengan senantiasa memotivasi dan mendampingi anak. Semoga bermanfaat.

TOP