Artikel

CEGAH STRESS PADA ANAK DI TENGAH PANDEMI
CEGAH STRESS PADA ANAK DI TENGAH PANDEMI

Dunia masih dilanda wabah pandemi covid-19. Jutaan orang merasa stres karenanya. Tak hanya orang dewasa, namun pada anak-anak juga mengalami stress akibat pandemi ini. Hal ini dikarenakan adanya anjuran dari pemerintah untuk tetap berada dirumah ketika pandemi. Oleh karena itu, setiap orang tua perlu memahami kondisi ini.


Cara mengatasi stres pada anak ditengah pandemi bisa dilakukan secara efektif oleh orang tua. Melakukan hal hal sederhana dan menyenangkan akan membuat si kecil terhindar dari gangguan psikologis. Kuncinya adalah orang tua harus memberi perhatian lebih pada anak. Selain itu dituntut untuk kreatif merancang satu pola kegiatan menyenangkan bagi anak-anak. Mereka akan merasa lebih dipedulikan dengan kehadiran orang tuanya. Dengan demikian, anak menjadi tidak mudah cemas dan merasa stres. 


Gejala Stres pada Anak 


Sebelum mulai membahas cara atasi stres pada anak ditengah pandemi, perlu juga orang tua mengetahui gejala-gejala stres yang dialami oleh si kecil. Dari beberapa sumber, ketika anak merasa stres bisa diketahui lewat beberapa gejala. Apa saja gejalanya? 


Anak yang mengalami stres, akan terlihat kurang fokus dan kesulitan memahami pelajaran sekolah. Ada juga gejala lainya seperti tantrum dan mudah marah, susah tidur, cemas dan merasa bersalah. Selain itu, anak yang mengalami stres cenderung mudah sedih, nangis, cepat lelah dan pola makan berubah, tadinya makan lahap jadi sedikit, bahkan sering tidak habis.



Cara Atasi Stres pada Anak Ditengah Pandemi


Setelah mengetahui beberapa gejala stres pada anak, selanjutnya orang tua perlu memikirkan cara mengatasinya. Ada beberapa tips yang dapat diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari. Diantaranya sebagai berikut:


1. Ajak Anak Beraktivitas 


Cara atasi stres pada anak ditengah pandemi yang pertama, orangtua dapat mengajak si kecil beraktivitas bersama. Misalnya, melakukan olahraga bersama di rumah. Ajaklah anak untuk berolahraga ringan selama 30 menit. Dengan begitu dapat membantu memproduksi hormon endorfin dalam tubuh. Hormon endorfin dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik dan meredakan gejala kecemasan. Tidak hanya itu saja, anak juga akan merasa lebih dipedulikan, karena terlibat satu aktivitas bersama dengan orang tua yang menyenangkan.


2. Beri Perhatian Lebih 


Cara atasi stres pada anak ditengah pandemi yang kedua yaitu berilah perhatian lebih pada anak. Perhatikan apabila dia merasakan sesuatu. Misalnya merasa sakit atau tidak enak badan. Cobalah perhatikan detail keluhan yang mungkin dirasakan si kecil, agar orang tua dapat menanganinya dengan segera dan tepat.


Dengan mengetahui detail tentang yang anak rasakan atau keluhkan. Orang tua akan lebih tahu langkah langkah penanganan yang tepat sekiranya diperlukan. Hal ini juga membuat mereka merasa diperhatikan. Sehingga tidak membuat si kecil mudah merasa stres. 


3. Relaksasi


Cara atasi stres pada anak ditengah pandemi ketiga, ajaklah anak untuk bersantai. Misalnya dengan melatihnya untuk relaksasi seperti latihan atur nafas. Tarik nafas lewat hidung lalu hembuskan lewat mulut. 


Anda bisa memberikan instruksi ini dengan cara yang mudah dipahami anak. Relaksasi bisa membuat kondisi si kecil lebih baik. Dan emosi negatif dapat terkontrol dengan baik. Kemudian melatih pernafasan sederhana, juga dapat membuat anak merasa santai dan nyaman. 


4. Bantu Memecahkan Masalah Pada Anak


Cara atasi stres pada anak ditengah pandemi berikutnya adalah dengan membantu memecahkan masalah masalah si kecil, misalnya membantu tugas sekolah. Selama pandemi, anak diharuskan belajar dari rumah, dituntut lebih mandiri mengerjakan tugas-tugas secara daring. Ini bisa menyebabkan anak mengalami kesulitan, sehingga merasa stres. Orang tua bisa menemaninya belajar, bantu memahami materi pelajaran dan membuat suasana belajar jadi lebih menyenangkan.


Dengan membantu memecahkan masalah belajarnya, anak akan merasa lebih semangat. Juga merasa senang karena didampingi orang tuanya. Tidak hanya bisa terhindar dari stres. Cara ini juga bisa membuat anak lebih semangat belajar dan bisa memacunya beprestasi ditengah pandemi. 


5. Beri Ruang Untuk Eksplorasi


Terakhir, orang tua bisa memberikan ruang si kecil untuk berekplorasi. Cara ini bisa atasi stres pada anak ditengah pandemi. Para orang tua bisa mengajaknya bermain diluar secara aman, misalnya di halaman rumah. Cobalah ajak si kecil berkebun atau sekedar main main bersama. 


Membiarkanya mengenal tanaman dihalaman rumah, menyiramnya dan memberi pupuk, misalnya adalah cara sederhana mengatasi stres si kecil. Lakukan hal ini dengan menyenangkan, ajak anak terlibat penuh dalam setiap eksplorasi ini. 


Nah itulah tadi beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi stres pada anak ditengah pandemi. Orang tua perlu memantau dengan intensif anak-anak. Memperhatikan detail keluhan dan kebutuhanya. Semoga bermanfaat.


Prodev_RIL

TOP