Artikel

INDONESIA BEBAS STUNTING: PENCEGAHAN MASALAH GIZI PADA ANAK DAN IBU HAMIL DI 3 PROVINSI
INDONESIA BEBAS STUNTING: PENCEGAHAN MASALAH GIZI PADA ANAK DAN IBU HAMIL DI 3 PROVINSI

Dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional, ratusan anak balita dan ibu hamil di Indonesia mendapat bantuan Pakat Makanan Tambahan.

Program Hari Gizi Nasional yang diinisiasi oleh Yayasan Seribu Senyum tersebut dilaksanakan di 3 Provinsi Indonesia. Wilayah tersebut, diantaranya Jawa Timur (Madiun dan Surabaya), NTT (Ende) dan Sulawesi Barat (Polewali Mandar). Pembagian Paket Makanan tersebut dilakukan dari tanggal 3-10 Maret 2022.

Program ini dilaksanakan untuk membantu pemerintah Indonesia dalam penurunan angka stunting dan mendukung target Sustainable Development Goals (SDG’s) yaitu menghilangkan kelaparan dan segala bentuk malnutrisi.

“Indonesia merupakan salah satu negara yang masih memiliki PR dalam pemberantasan masalah gizi. Dibeberapa provinsi Indonesia masih banyak ditemui kasus-kasus ibu hamil dengan lingkar lengan kecil dan anak balita dengan stunting. Wlayah seperti di Jawa Timur, Sulawesi Barat, dan Nusa Tenggara Timur dipilih karena masih banyak ibu hamil dan anak balita yang memiliki masalah gizi yang cukup serius.”, ujar Ilham Dimas selaku Kepala Devisi Program Yayasan Seribu Senyum.

Salah satu wilayah yang dipilih untuk program ini adalah Kelurahan Tambak Wedi. Wilayah Tambak Wedi merupakan salah satu wilayah pinggiran kota Surabaya.

Wilayah tersebut dipilih karena, masih banyak balita dengan status gizi kurang baik dan ibu hamil dengan lingkar lengan kecil.

“Di wilayah Tambak Wedi ini masih banyak ditemui balita dengan status gizi kurang baik dan ibu hamil dengan lingkar lengan kecil. Dengan adanya pembagian Paket Makanan Tambahan untuk mereka, harapan kami semoga dapat bermanfaat bagi penerima dan dapat membantu penurunan angka Stunting, khususnya di Surabaya. Dan tentunya kami berharap program ini dapat dilaksanakan secara merata diseluruh wilayah di Indonesia agar kasus stunting dapat segera teratasi”, ujar Sulaiman selaku Ahli Gizi Puskesmas Tambak Wedi.

Program Hari Gizi ini merupakan awal dari upaya Yayasan Seribu Senyum dalam membantu penurunan angka stunting di Indonesia. Kegiatan lain yang akan dikerjakan adalah pembagian bantuan makanan tambahan kepada ibu hamil dan balita yang terindikasi kekurangan gizi serta melakukan pemeriksaan kesehatan gratis kepada sasaran agar penurunan angka stunting di Indonesia dapat teratasi.

 

Umda Program Developmnet Yayasan Seribu Senyum

TOP