Artikel

Jaga Daya Tahan Tubuh saat Musim Hujan di Tengah Pandemi
Jaga Daya Tahan Tubuh saat Musim Hujan di Tengah Pandemi

Sahabat ketika musim hujan seperti sekarang ini, daya tahan tubuh manusia diuji sedemikian rupa dengan banyaknya penyakit. Penyakit yang biasa menyerang seperti flu, demam, diare hingga demam berdarah. tentunya kita harus berhati-hati terhadap perubahan cuaca ini apalagi di tengah pandemi Covid-19. Yuk kenali tips cara menjaga daya tahan tubuh ditengah pandemi saat musim hujan 


1.     Jangan Lupa Memakai Payung atau Mantel ketika Hujan

Saat musim hujan, penting sekali kita membawa mantel atau payung. Karena apabila tubuh kita tidak terlindungi payung atau mantel ketika hujan, tubuh kita akan basah dan dapat menyebabkan hipotermia. Hipotermia merupakan kondisi suhu tubuh menurun drastis di bawah suhu normal (<35oC). Dan apabila tubuh mengalami hipotermia, imun tubuh akan turun dan akhirnya akan mudah terserang penyakit. Beberapa penyakit akibat hipotermia diantaranya flu, masuk angin dan diare.


2.     Konsumsi Makan-makanan dengan gizi seimbang

Saat musim hujan imunitas tubuh cenderung lemah. Namun hal ini bisa kita cegah dengan salah satunya mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Makanan dengan gizi seimbang akan memberikan tubuh kekuatan dan meningkatkan imunitas. Apabila nutrisi tidak dipenuhi dengan baik, akan berakibat fatal kepada kesehatan tubuh kita seperti akan mudah terserang maag, kembung, flu, diare dan bahkan mudah sekali terinfeksi virus korona. Oleh sebab itu penting sekali menjaga pola makan di waktu yang tepat dan dengan gizi seimbang.


3.     Kenakan Pakaian Yang Tebal dan Hangat

Ketika musim hujan, mengenakan pakaian yang tebal dan hangat sangat di anjurkan. Hal ini dikarenakan, saat hujan udara cenderung lebih dingin. Apabila kita tidak menggunakan pakaian yang tebal, berakibat tubuh akan mengalami hipotermia. Hipotermia merupakan kondisi suhu tubuh menurun drastis di bawah suhu normal (<35oC). Oleh sebab itu pakaian tebal seperti jaket, sweeter, kaos lengan panjang dan celana panjang berbahan tebal sangat di anjurkan.


4.     Minum Air Mineral minimal 2 Liter perhari

Air menupakan salah satu hal yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Hal ini dikarenakan kadar air pada tubuh manusia sekitar Dua per tiga tubuh. Konsumsi air sangatlah dibutuhkan agar organ tubuh dapat bekerja dengan maksimal. Namun kebanyakan orang sering kali melupakan pentingnya minum air mineral. Padahal, apabila seseorang kurang minum air mineral setiap harinya, seseorang beresiko mengalami dehidrasi (kekurangan cairan tubuh). Dehidrasi tidak bisa di anggap remeh karena dehidrasi dapat membuat tubuh menjadi lemas, sakit kepala, sulit berkonsentrasi dan hingga penurunan kesadaran pada seseorang. Maka dari itu dianjurkan setiap orang untuk mengonsumsi minimal 2 liter perhari agar kondisi tubuh tetap terjaga.


5.     Jaga Pola Tidur

Tidur merupakan salah satu faktor yang menentukan kesehatan seseorang. Hal ini dikarenakan jumlah jam, kualitas serta di waktu yang tepat dapat menjaga kesehatan tubuh dan jiwa serta meningkatkan kualitas hidup seseorang. Riset membuktikan bahwa tidur yang cukup dapat meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga berat badan, menjaga mood tetap baik, meningkatkan daya pikir dan daya ingat, mencegah diabetes dan penyakit jantung, serta meningkatkan kesuburan. Apabila seseorang mengalami kurang tidur, hanya ada satu cara untuk mengatasinya yaitu dengan jam tidur yang lebih banyak. Tidurlah ketika Anda merasa lelah dan biarkan tubuh yang membangunkan Anda (tidak boleh ada alarm). Ketahuilah, kekurangan jam tidur tidak dapat dibayar hanya dalam semalam, melainkan dalam beberapa minggu.


6.     Olahraga minimal 30 menit perhari

Salah satu kunci untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar adalah dengan rutin melakukan olahraga. Olahraga merupakan bagian dari usaha untuk tetap prima dan terhindar dari berbagai penyakit. Akan tetapi masih banyak orang yang malas untuk berolahraga. Oleh karena itu, lakukanlah olahraga 30 menit sehari sebanyak lima kali seminggu dengan intensitas sedang. Selain itu, jangan lupa untuk mengombinasikan dengan pola makan sehat, asupan cairan yang cukup, dan istirahat yang cukup pula. Dengan demikian, tubuh yang sehat dan bugar pun akan Anda gapai. Saat musim hujan, kita dapat berolahraga di dalam ruangan, seperti di rumah. Apabila ingin berolahraga di tempat umum seperti tempat Gym, kita harus tetap menjaga protokol kesehatan agar terhindar dari Covid 19.


7.     Gunakan Etika Batuk dan Rutin Cuci Tangan Pakai Sabun

pada saat musim hujan, banyak sekali orang yang mengalami flu. Seperti yang kita ketahui bahwa saat seseorang flu, ia akan mengalami batuk atau bersin. Batuk dan bersin dapat menyebarkan kuman dalam jumlah ribuan hingga jutaan ke udara dan disaat yang sama orang yang berada disekitar kita menghirup udara yang sudah mengandung kuman akibat dari batuk maupun bersin. Oleh sebab itu untuk menghindari hal ini, etika batuk dan bersin merupakan hal yang harus diterapkan pada kehidupan sehari-hari Untuk mencegah penularan penyakit ini, etika batuk sangatlah efektif sebagai bagian dari pencagahan penularan. Etika batuk adalah tata cara batuk yang baik dan benar dengan cara menutup hidung dan mulut dengan tissue atau lengan baju, sehingga bakteri tidak menyebar ke udara dan tidak menular ke orang lain.

selain dengan menggunakan etika batuk, cuci tangan setelah bersin dan batuk sangatlah efektif untuk membunuh kuman dan virus yang ada di tangan. Hal ini karena kuman dapat berpindah ke tangan dan menyebar tanpa kita sadari melalui sentuhan atau bersalaman. Oleh sebab itu mencuci tangan 6 langkah dan menggunakan etika batuk dapat mencegah seseorang dari berbagai macam penyakut.


8.     Kenakan masker kain (minimal 2 lapis) saat berada di luar rumah

Saat kondisi musim hujan dan pandemi covid, penting sekali menggunakan masker sebagai langkah awal pencegahan covid 19. Masker dengan berbagai jenis telah beredar dipasaran mulai masker kain hingga masker N95 yang digunakan oleh para tenaga kesehatan. Namun penting kita ingat, untuk proteksi masyarakat, masker yang dianjurkan adalah masker kain dengan lapisan minimal 2. Hal ini dikarenakan serat 1 lapis masker belum dapat mencover virus yang masuk melalui serat kain. Oleh sebab itu minimal penggunaan masker kain yang dianjurkan adalah 2 lapis.


9.     Jaga Jarak dengan orang lain 1-2 meter

Ketika musim hujan, seringkali kita berteduh di suatu tempat bersama orang lain. Namun perlu kita ingat, walaupun kita berada bersama dengan orang lain saat hujan, kita harus tetap menjaga jarak minimal 1 meter dengan mereka saat berbicara agar dapat memutus mata rantai penularan covid 19.



TOP