Artikel

KEISTIMEWAAN HUJAN
KEISTIMEWAAN HUJAN

Hujan merupakan sebuah siklus alam. Secara teori, hujan terjadi akibat dari menguapnya air di permukaan bumi, kemudian menjadi awan. Lalu awan tersebut mengalami titik jenuh sehingga berubah menjadi air hujan. Setiap tetes air hujan yang turun ke bumi, banyak memberikan manfaat kepada makhluk hidup.


Manfaat air hujan bagi makhluk hidup sangatlah beragam. Tentunya, air hujan telah menjadi salah satu sumber kehidupan bagi makhluk hidup. Tanpa hujan, bumi akan mengalami kekeringan dan makhluk hidup dimuka bumi ini akan mati.


Selain banyaknya manfaat, hujan juga memiliki keistimewaan. Keistimewaan hujan diantaranya adalah apabila kita sedang berdoa kepada Allah SWT ketika hujan, maka pintu-pintu langit akan dibuka. 


Dalam sebuah hadis riwayat Abu Hurairah menyebutkan bahwa pintu-pintu langit terbuka ketika hujan turun "Sesungguhnya pintu-pintu langit dibuka saat perang fisabilillah berkecamuk, turunnya hujan dan ketika shalat wajib. Maka perbanyaklah berdoa pada waktu tersebut"


Selain itu, hadis lainya dari Sahl bin Sa'ad, menyampaikan bahwa waktu terkabulnya  doa salah satunya adalah saat hujan turun. Beliau berkata, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:


ثِنْتَانِ مَا تُرَدَّانِ الدُّعَاءُ عِنْدَ النِّدَاءِوَ تَحْتَ المَطَرِ


"Dua doa yang tidak akan ditolak: Doa ketika adzan dan doa ketika ketika turunnya hujan.”


Dari nikmat hujan yang Allah berikan, selain bersyukur, sebagai seorang muslim kita di anjurkan untuk membaca sebuah doa sebagai rasa syukur kepada Sang Pencipta. Adapun doa yang dibaca ketika hujan turun adalah :

ﺍَﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺻَﻴِّﺒًﺎ ﻧَﺎﻓِﻌًﺎ


Artinya, "Ya Allah, (Jadikan hujan ini) hujan yang bermanfaat." (HR. Bukhari)


Itulah beberapa hal mengenai keistimewaan hujan. Hujan merupan hal sangat istimewa sehingga kita sebagai makhluk hidup haruslah senantiasa bersyukur dengan hujan yang ada. Namun perlu juga kita berikhtiar untuk menjaga diri kita ketika musim hujan agar kita tidak terkena penyakit seperti flu, batuk ataupun masuk angin.


Prodev_RIL

TOP