Artikel

Kenalan Dengan Temulawak: Berbagai Manfaat Temulawak bagi Tubuh
Kenalan Dengan Temulawak: Berbagai Manfaat Temulawak bagi Tubuh


Temulawak merupakan salah satu jenis tumbuhan rempah yang tumbuh di Indonesia. Sejak zaman dahulu, temulawak sering digunakan oleh nenek moyang kita sebagai bahan pembuat jamu tradisional. Hal ini dikarenakan, khasiat dari Temulawak sudah dikenal sejak dulu oleh masyarakat Indonesia. Temulawak dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit, diantaranya gangguan pencernaan. Selain itu temulawak juga dapat meningkatkan nafsu makan.

Didalam temulawak terdapat banyak sekali zat yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Kandungan tersebut diantaranya protein, mineral, dan serat. Selain itu ada beberapa zat aktif dalam temulawak yang juga sangat bermanfaat bagi tubuh manusia, seperti :

  1. Curcumin, berfungsi sebagai anti inflamasi dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dalam melawan infeksi;
  2. Germakron, berfungsi sebagai anti inflamasi dan menghambat pembengkakan; 
  3. P-toluilmetilkarbinol seskuiterpen d-kamper, berfungsi sebagai meningkatkan produksi empedu 
  4. Turmeron, berfungsi sebagai antimikroba.

Dari berbagai manfaat tersebut, tentunya kita tetap harus memperhatikan cara mengkonsumsi rimpang ini dengan baik. Karena dibalik semua manfaat tersebut ada beberapa efek samping yang harus diperhatikan saat mengkonsumsinya. Menurut dr. Devika dari halaman alodokter, konsumsi temulawak secara rutin dalam jangka waktu lebih dari 18 minggu diduga dapat menyebabkan mual dan iritasi lambung. Selain itu, temulawak yang memiliki khasiat meningkatkan produksi empedu, tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang memiliki penyakit gangguan hati dan empedu. 

Namun, kita tidak perlu khawatir jika kita mengkonsumsi tanaman ini sesuai anjuran, kita akan merasakan manfaat dari tanaman ini. Dilansir dari halaman Halodoc, manfaat dari temulawak yang sangat bermanfaat bagi tubuh diantaranya :

  1. Mencegah gangguan pencernaan

Temulawak yang memiliki fungsi meningkatkan produksi empedu dapat membantu menningkatkan fungsi pencernaan. Masalah pencernaan seperti kembung dan dispepsia dapat teratasi dengan baik. 

  1. Mencegah kanker

Penelitian hubungan antara pencegahan kanker dengan temulawak masih terus dilakukan. Namun, temulawak diduga dapat membantu mencegah, mengendalikan beberapa jenis kanker. Beberapa diantaranya kanker payudara, kanker usus besar dan kanker prostat. Temulawak dapat bekerja dengan menghentikan pertumbuhan pembuluh darah yang menyuplai pertumbuhan kanker, dan efek pencegahannya dapat berasal dari aktivitas antioksidannya, yang melindungi sel dari serangan sel kanker.

  1. Meringankan Osteoartritis

Temulawak memiliki khasiat sebagai anti inflamasi atau peradangan. Menurut penelitian dari Journal of Alternative and Complementary Medicine (2009), pemberian ekstrak temulawak oada penderita artritis akut selama enam minggu dapat mengurangi rasa nyeri akibat radang sendiri. Pengurangan rasa nyeri tersebut sama baiknya dengan ibu profen, tanpa efek samping.

Itulah beberapa hal mengenai temulawak dan manfaatnya bagi manusia. Semoga informasi ini bermanfaat untuk sahabat senyum sekalian.


Prodev_UU



TOP