Artikel

KENALI HEPATITIS MISTERIUS, DAN CARA PENULARANNYA
KENALI HEPATITIS MISTERIUS, DAN CARA PENULARANNYA

Penyakit hepatitis akut misterius sedang ramai diperbincangkan masyarakat dunia, khususnya masyarakat di Indonesia. Dijuluki misterius karena masih belum diketahui penyebabnya sehingga cukup menimbulkan kekhawatiran di masyarakat. Terlebih lagi kasus hepatitis akut misterius ini cenderung menyerang anak-anak dibawah usia 16 tahun. 


Dilansir dari antaranews.com pada tanggal 10 Mei 2022, Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin mengatakan, suspek hepatitis akut di Indonesia hingga saat ini berjumlah 15 kasus yang sedang dilakukan proses investigasi. Budi Gunadi juga mengatakan tiga suspek hepatitis akut di Indonesia dilaporkan empat hari usai pengumuman Kejadian Luar Biasa (KLB) oleh Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) pada 23 April 2022. Lalu apa itu penyakit hepatitis misterius atau hepatitis akut ini? Simak penjelasan berikut ini.


Apa itu Hepatitis Akut Misterius dan Apa Gejalanya?

Penyakit hepatitis akut yaitu peradangan yang terjadi pada organ hati dan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan termasuk kanker dan gagal hati. Tentu hal ini akan berdampak fatal, pasalnya hati sangat berperan penting untuk menghilangkan racun dalam darah,  membangun metabolisme tubuh, dan mengatur pembekuan darah. 

Penyakit hepatitis akut atau hepatitis misterius ini lebih sering mengincar anak-anak dengan usia di bawah 16 tahun. Sampai saat ini belum diketahui dengan pasti penyebab hepatitis akut atau hepatitis misterius ini, tetapi dugaan awal penyakit ini disebabkan oleh adenovirus tipe 41. 


Dilansir dari The Guardian, Profesor Asha Bowen, yang juga merupakan salah satu ketua Australasian Society for Infectious Diseases mengatakan bahwa adenovirus sejauh ini merupakan dugaan yang paling kuat soal penyebab hepatitis misterius. Namun untuk penyebab mutlaknya masih ada sedikit keraguan tentang hal itu. Dikutip dari website kemenkes.go.id, gejala awal penyakit hepatitis akut atau hepatitis misterius ini adalah mual, muntah, diare berat, demam, urine berwarna pekat, hingga BAB yang berwarna putih pucat.


Bagaimana Cara Penularannya?

Meskipun belum diketahui secara pasti penyebab hepatitis akut misterius ini, namun dugaan sementara sumber penularannya yaitu bisa berasal dari fekal oral (saluran pencernaan) dan droplet (air liur). Dilansir dari viva.co.id, Ketua Unit Kerja Koordinasi (UKK) Gastro-hepatologi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), dokter Muzal Kadim mengatakan dugaan awal sumber penularan virus tersebut berasal dari fekal oral dan droplet. Penyebaran virus melalui fekal oral yaitu melalui saluran pencernaan yang ditularkan melalui mulut. Sementara dugaan penularan melalui droplet atau cairan air liur, merujuk pada Adenovirus. 


Maka dari itu, pentingnya peran orang tua agar lebih waspada dalam mencegah dan menghadapi penyakit hepatitis misterius ini. Apabila anak-anak sudah mengalami gejala seperti yang sudah dijelaskan tersebut, maka orang tua diharapkan untuk tidak panik terlebih dahulu. Namun segera lakukan penanganan pertama dengan membawa anak ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) di puskesmas atau rumah sakit terdekat.

TOP