Artikel

KETAHUI PERBEDAAN ZAKAT, INFAQ DAN SEDEKAH
KETAHUI PERBEDAAN ZAKAT, INFAQ DAN SEDEKAH

Banyak di antara sahabat senyum yang mengetahui tentang Zakat, Infaq, Shadaqah sebagai pembersih dari harta benda yang dimiliki. Tetapi, pernahkah sahabat senyum mengetahui perbedaan dari ketiga pembersih harta tersebut?

Zakat, merupakan pembersih harta kita yang waktu, dan perhitungannya telah ditetapkan dan memiliki aturan. Zakat yang diketahui adalah Zakat Fitrah. Zakat Fitrah adalah zakat yang wajib kita keluarkan setiap setahun sekali menjelang akhir bulan Ramadhan sebesar 2.5 persen dari total pendapatan kita. Zakat Fitrah hanya wajib diberikan kepada orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mu’allaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan untuk mereka yang sedang dalam perjalanan atau disebut dengan delapan golongan sesuai dengan Q.S At-Taubah ayat 60

Infaq, adalah mengeluarkan atau membelanjakan harta sama seperti zakat. Bedanya, infaq tidak terbatas atas delapan golongan orang, namun kepada siapapun yang berhak dan membutuhkan.

Sedangkan shadaqah memiliki arti yang lebih luas cakupannya daripada zakat dan infaq. Rasulullah SAW bersabda bahwa shadaqah tidak sebatas dengan hal-hal materi, namun juga terkait akan hal-hal non-materi. Dalam hadistnya, beliau bersabda :

“Setiap tasbih adalah shadaqah, setiap takbir shadaqah, setiap tahmid shadaqah, setiap tahlil shadaqah, amar ma’ruf shadaqah, nahi munkar shadaqah dan menyalurkan syahwatnya pada istri juga shadaqah”.

Perbedaan yang paling besar antara zakat dan infaq adalah yang menerimanya dan waktu yang diperbolehkan untuk mengeluarkannya. Sedangkan shadaqah lebih daripada itu cakupannya, bukan hanya materiil namun juga non-materiil.

Bank Mandiri

No. Rek : 142-00-1582480-7

.

Konfirmasi dan Informasi

WA : 0811 3336 1000

Telp : 031-99445360

.

Kantor Seribu Senyum

Jl. Dharmawangsa No.60 Surabaya

TOP