Artikel

MAKNA HARI PAHLAWAN DARI SUDUT PANDANG MILENIAL
MAKNA HARI PAHLAWAN DARI SUDUT PANDANG MILENIAL

Setiap tanggal 10 November merupakan hari Pahlawan Indonesia, sebagai bentuk masyarakat mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dengan mengorbankan jiwa, raga, dan hartanya melawan penjajah untuk mendapatkan kemerdekaan republik Indonesia. Maka sudah sepantasnya, sebagai generasi milenial kita perlu memaknai Hari Pahlawan sebagai bentuk penghargaan kita pada para pahlawan yang telah gugur.  

Presiden Soekarno mengungkapkan bahwa, “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai dan menghormati jasa pahlawannya”. Ungkapan ini bisa menjadi sebuah nasihat untuk kita generasi milenial agar tidak melupakan sejarah serta jasa para pahlawan yang telah berkorban.

Pada tahun 2022, tema yang diusung yakni “Pahlawanku, Teladanku”. Generari milenial diharapkan mempunyai semangat juang seperti para pahlawan dengan memberikan kontribusi dalam membangun bangsa Indonesia. Semangat optimisme sangat relevan dalam menghadapi tantangan globalisasi saat ini.

Sudah saatnya generasi milenial mampu menjadi pahlawan dalam segala bidang kehidupan, mengambil nilai-nilai kepahlawanan untuk direfleksikan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya dengan tidak bersikap acuh terhadap saudara yang membutuhkan pertolongan, menjunjung tinggi kejujuran serta mempunyai jiwa kepemimpinan untuk membangun bangsa ini lebih baik lagi. Milikilah rasa kepekaan terhadap lingkungan, masalah sosial agar mampu merepresentasikan wajah baru untuk bangsa Indonesia.

Bangkitlah Indonesia. Selamat Hari Pahlawan ke-72. Semoga sebagai generasi milenial, kita bisa memberikan dampak positif untuk negeri tercinta Indonesia.

TOP