Artikel

MENGETAHUI LUASNYA SEDEKAH
MENGETAHUI LUASNYA SEDEKAH

Sedekah mempunyai makna yang luas dan tidak terbatas dalam bentuk materi. Hal ini sejalan dengan hadis Nabi Muhammad SAW yang mengatakan bahwa rasbih, tahmid, takbir, tahlil dengan khidmat dan khusu’ juga merupakan sedekah. Dengan demikian, sedekah tidak hanya bisa dilakukan oleh orang kaya atau orang yang mampu saja. Sebab senyum yang simpatik, perkataan yang menyejukkan hati serta menolong sesama juga merupakan perbuatan sedekah. Tak menjadi soal sedikit atau banyak yang diberikan, tetapi yang terpenting adalah niat baik yang diberikan.  


Apa pengertian sedekah?

Secara etimologi, sedekah berasal dari kata Ash-shadaqah yang merupakan bahasa arab. Sedangkan secara terminologi sedekah adalah memberikan sesuatu tanpa mengharap tukaran sebab hanya berharap pahala dan ridho dari Allah SWT. 


Meraih keberkahan dengan sedekah

Sebagai umat Islam, jangan sampai menunda melakukan sedekah. Sebab sedekah menjadi suatu bukti ketakwaan kita kepada Allah SWT. Dengan bersedekah, dosa kecil dapat terhapuskan, tentunya dibarengi dengan bertaubat agar sedekah yang dilakukan bernilai.


Dalam sebuah hadist Nabi Muhammad SAW bersabda, “Menyingkirkan batu, duri dan tulang dari tengah jalan adalah sedekah bagimu”.

Ada begitu banyak keutamaan serta manfaat yang bisa kita dapatkan dari bersedekah. Sebagai umat Islam, tentunya kita tidak ingin melewatkan berbagai manfaat sedekah. Beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan yaitu :

  • Membuka pintu rezeki

Rajin bersedekah dapat membuka pintu rezeki dari sisi yang bahkan tidak disangka-sangka. Dalam hadis riwayat Baihaqi, Rasulullah bersabda,”Turunkanlah rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah”.

  • Menyembuhkan berbagai penyakit

Rajin bersedekah juga memiliki manfaat menyembuhkan penyakit. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah,’Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit dengan bersedekah dan persiapkan doa menghadapi datangnya bencana’. (HR. Ath-Thabrani)

  • Menghapus dosa

Sedekah bisa menjadi salah satu cara termudah yang disediakan oleh Alloh SWT untuk menghapuskan dosa-dosa yang telah diperbuat hambanya. Meski begitu, juga harus dibarengi dengan taubat agar permohonan ampun kita diterima oleh Allah SWT. 


TOP