Artikel

PEMBANGUNAN PONDOK PESANTREN DI PELOSOK NUSA TENGGARA TIMUR
PEMBANGUNAN PONDOK PESANTREN DI PELOSOK NUSA TENGGARA TIMUR

dalam rangka memasuki bulan Ramadhan yang penuh berkah, Jumat (18/3) Seribu Senyum melalui program Senyum Dakwah memberikan bantuan untuk pembangunan Pondok Pesantren Madinatunnajah di Desa Menanga, Kec. Solor Timur, Flores Timur, NTT. 

Pondok Pesantren Madinantunnajah berdiri pada 2011 dengan jumlah santri saat ini mencapai 128. Santri pondok pesantren ini berasal dari berbagai daerah di NTT dengan bermacam status sosial. Kondisi Pondok Pesantren Madinantunnajah masih sangat jauh dari kata layak, kurangnya ruang kelas, asrama, dan kamar mandi membuat para santri harus bergantian ruang kelas dan bahkan santri melakukan pembelajaran di saung/gazebo yang ada dilingkungan pondok. Banyak siswa yang harus tidur di Masjid karena keterbatasan ruang asrama, dan tak jarang santri terlambat masuk sekolah karena harus mengantri kamar mandi. 

“Pondok kami masih sangat kekurangan, santri disini tidak kami tarik uang sama sekali sehingga untuk pembangunan pondok kami masih bergantung pada donatur dan bantuan warga sekitar.” tutur Ustadz Sunarjo, Pengasuh Pondok (18/3). 

Proses pembangunan Pondok Pesantren Madinantunnajah saat ini sudah dalam tahap pembangunan ruang kelas MA. Sempat berhenti beberapa bulan karena terkendala biaya, setiap hari para santri dan warga sekitar bergotong royong membantu proses pembangunan.

“Pembangunan pondok ini sempat terhenti beberapa bulan karena terkendala biaya. Alhamdulillah sekarang bisa dilanjutkan kembali setelah mendapat bantuan dari Seribu Senyum.” ucap Ustadz Sunarjo (19/3)

Pembangunan ruang kelas MA direncanakan selesai di minggu awal bulan April. Setelah itu direncanakan untuk melanjutkan renovasi Masjid pondok dengan membuat serambi masjid sehingga jika hujan, masjid tidak kemasukan air. 

Staff Program Seribu Senyum, Ilham Dimas, menuturkan bahwa program Senyum Dakwah dengan membangun Pondok Pesantren Madinantunnajah ini dilaksanakan dengan tujuan agar nilai syiar agama Islam bisa sampai ke pelosok negeri, terkhusus di daerah NTT dan sekitarnya. 

“Alhamdulillah program ini berjalan lancar, dan diharapkan dalam beberapa bulan kedepan pondok pesantren Madinatunnajah ini bisa memperbaiki semua sarana prasarana sehingga bisa menunjang pembelajaran yang ada di pondok.” tutup Ilham.

TOP