Artikel

PENDIRIAN RUMAH TAHFIDZ ABK SANGGAR AL-IKHLAS
PENDIRIAN RUMAH TAHFIDZ ABK SANGGAR AL-IKHLAS

Sanggar Al-Iklhas berdiri pada tahun 2018 atas gagasan Sufiah (38) dan teman-temannya. Berangkat dari keresahan Sufiah tentang putranya bernama Heri yang merupakan penyandang tuna netra tidak dapat bersekolah karena tidak ada lembaga pendidikan di daerahnya yang bisa menampung Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Sufiah lalu mulai mendirikan layanan pendidikan anak berkebutuhan khusus dengan nama Sanggar Difabel Al-Ikhlas.

 

“Kami disini ingin menepis anggapan bahwa Anak Berkebutuhan Khusus sudah tidak bisa diberi pendidikan. Kami harap dengan kepedulian ini, anak-anak bisa berinteraksi dan berdaya di masyarakat” kata Sufiah.

 

Saat ini Sanggar Al-Ikhlas mendampingi 189 anak sampai dewasa yang memiliki berbagai kebutuhan khusus. Kegiatan belajar dan terapi rutin diadakan tiap minggunya, keterampilan kerja diajarkan untuk orang dewasa dengan kebutuhan khusus dengan harapan para penyandang disabilitas dapat berdaya dan mandiri secara ekonomi. Selain itu anak-anak berkebutuhan khusus selalu mendapatkan terapi rutin, terapi yang diberikan yaitu terapi akupuntur, terapi fisio, terapi bio energi, dan masase.

 

Awalnya Sanggar Al-Ikhlas bertempat di salah satu rumah pengurus Sanggar, tetapi karena kurangnya tempat untuk menampung anak dampingan sehingga Sufiah dan pengurus Sanggar Al- Ikhlas memutuskan untuk mendirikan sebuah tempat yang akan dijadikan Sekolah, Lembaga Pelatihan Kerja, dan Asrama untuk Anak Berkebutuhan Khusus.

 

Dengan pembangunan Sanggar Al-Ikhlas yang membutuhkan biaya cukup banyak dan waktu yang lama, pada hari sabtu (30/10/2021) Seribu Senyum berinisiatif untuk membantu pembangunan Sanggar Al-Iklhas berupa wakaf tunai senilai Rp 20.000.000 dengan harapan pembangunan bisa segera selesai dan anak-anak bisa mendapatkan pendidikan dan terapi dengan maksimal.

 

Sanggar Al-Ikhlas sangat terbuka untuk semua penyandang disabilitas yang ingin mendapatkan pendidikan secara layak, dan semua anak dampingan Sanggar tidak dipungut biaya sama sekali alias Gratis.


TOP