Artikel

PERAN PENTING ORANG TUA SELAMA PEMBELAJARAN DARING
PERAN PENTING ORANG TUA SELAMA PEMBELAJARAN DARING

Pandemi Covid-19 saat ini masih melanda Indonesia sudah hampir dua tahun terakhir. Kondisi tersebut sangat berdampak terhadap perubahan belajar mengajar para siswa dan guru. Wabah covid-19 ini telah melumpuhkan beberapa sector, tidak terkecuali dengan sector Pendidikan. Oleh sebab itu, pemerintah dengan cepat membuat kebijakan pembelajaran secara online atau daring.

Tentu ada dampak yang ditimbulkan dengan adanya pembelajaran melalui daring, diantaranya kini orang tua juga dituntut untuk menjadi guru pengganti selama dirumah. Mereka juga harus selalu mengawasi serta mengontrol kegiatan belajar anak.

Padahal sudah seharusnya orang tua ikut andil dalam proses pendidikan anak. Namun, pada kenyataanya orang tua lebih menyerahkan pendidikan ke sekolah. Sehingga, peran orang tua sangat dibutuhkan dalam pembelajaran karena dengan keikutsertaan orang tua dalam pendidikan lebih dibutuhkan secara real dan aplikatif.

Lalu, bagaimanakan yang orang tua dapat berperan aktif dalam pembelajaran di masa pandemi ini ? Berikut yang dapat dilakukan orang tua untuk mendukung pendidikan di masa pandemi

1.     Menyiapkan fasilitas

Sebagai orang tua tentu sudah seharusnya mempersiapkan kebutuhan yang diperlukan anak selama proses belajar di rumah, persiapkan fasilitas yang dapat menunjang pembelajaran yang memadai sehingga anak akan merasa lebih percaya diri.  

2.     Anak belajar dengan aman dan nyaman

Dalam masa belajar di rumah orang tua harus bisa memastikan anak merasa aman dan nyaman. Orang tua dapat membantu aktivitas anak untuk menyelesaikan tugas-tugas kegiatan belajar mengajar.

3.     Pro aktif menghubungi guru

Tidak hanya orang tua guru juga harus bisa bekerja sama memfasilitasi pembelajaran yang dilakukan. Orang tua harus proaktif untuk mencari informasi dan tambahan informasi terkait pembelajaran.

4.     Tidak menambah beban pelajaran

Pada kondisi seperti ini, orang tua tidak menambah beban kepada anak dengan menuntut hasil yang maksimal pada anaknya. Tidak membebani dengan menargetkan hasil di masa pandemi melainkan, anak diharapkan dapat melakukan pembelajaran yang bermakna berkaitan dengan kecakapan hidup.

           Keterlibatan orang tua sangat penting untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan bisa dengan menambahkan game dalam aktivitas anak.  


TOP