13 Januari 2024 – Kabar gembira untuk para pecinta kucing khususnya di Kota Surabaya! Seribu Senyum telah mengadakan program sterilisasi kucing lokal gratis di tahun ini pada hari Sabtu, 13 Januari 2024. Bekerja sama dengan Rumah Sakit Hewan Pendidikan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS) dan Drh. MIMA

Sebanyak 100 ekor kucing, terdiri 70 jantan dan 30 ekor kucing betina menjalani operasi ini. Untuk mendukung kelancaran kegiatan ini melibatkan 24 dokter hewan, 10 mahasiswa dan 10 relawan dari @seribusenyumvolunteer yang turut serta.

Kegiatan sterilisasi kucing ini memiliki sejumlah manfaat seperti mencegah over populasi, mencegah persebaran penyakit pada hewan dan manusia,  membuat kucing lebih tenang hingga membuatnya lebih sehat dan memiliki usia yang relatif panjang.

Pemilik kucing terlihat sangat antusias ketika membawa hewan peliharaan kesayangannya untuk mengikuti setiap tahap. Seperti salah satu pemilik kucing, Eni Purwandari, seorang warga Sedati Sidoarjo pemilik kucing yang bernama Cleon berumur satu tahun. Beliau rela antri dan datang ke UWKS untuk mendukung sterilisasi kucing kesayangannya. 

Tidak hanya satu, Ibu Eni juga membawa enam kucing lainnya untuk menjalani proses sterilisasi. Ia merasa bahagia karena kucing betinanya tidak akan bisa hamil lagi dan kucing jantannya tidak bisa membuahi. “Saya sangat bersyukur ada program gratis di sini. Biayanya cukup mahal jika dilakukan di tempat lain,” ujar Ibu Eni pada hari Sabtu (13/1/2024).

Menurut pemilik Klinik Hewan Mima Veterinary Care Mojokerto, Drh Khalimatus Sa’diyah, kegiatan ini dilakukan karena permintaan masyarakat agar kucing-kucing piaraannya hidup sehat. “Banyak yang meminta. kucing terlantar dan dibuang di pasar, tak diurus. Jadilah kita mengadakan kegiatan bakti sosial ini,” ujar Khalimatus Sa’diyah yang merupakan dokter yang mengoperasi kucing-kucing tersebut.

Sebelum menjalani operasi, kucing-kucing melewati tahap screening untuk memastikan kondisi mereka aman dan memenuhi persyaratan operasi. Setelah lolos tahap screening, kucing dioperasi sesuai dengan nomor urutan yang telah ditentukan.

Operasi steril dilakukan dalam waktu kurang lebih 1 jam secara bergantian, setelah itu kucing bisa diambil apabila mereka sudah pulih dan dinyatakan aman untuk rawat jalan. Setelah menjalani prosedur ini, pemilik kucing akan diberikan informasi mengenai perawatan pasca-operasi dan tanda-tanda yang perlu diperhatikan, guna memastikan pemulihan kucing berjalan dengan baik. 

Saat menjalankan proses operasi steril, Seribu Senyum juga membagikan bingkisan Paket Cat Nutrition sebagai apresiasi kepada pemilik kucing yang telah berpartisipasi dalam menjalankan sterilisasi pada kucing kesayangannya.

Menurut Syafrizal Izaqi, selaku Direktur Operasional Seribu Senyum, “Saya bersyukur melihat antusiasme yang tinggi dalam kegiatan sterilisasi kucing ini. Hanya dalam waktu 2 jam sejak pendaftaran dibuka, semua slot telah terisi penuh. Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi kita yang memiliki kucing, dan InsyaAllah, program ini akan terus berlanjut. Kebaikan tidak hanya berlaku untuk manusia, tetapi juga untuk makhluk hidup lainnya.”

Alhamdulillah pelaksanaan sterilisasi ini berjalan lancar tanpa kendala. Kedepannya kami berharap agar program sterilisasi kucing dapat terus berkembang dan melibatkan lebih banyak kucing serta pemilik yang peduli terhadap kesehatan dan kesejahteraan hewan peliharaan mereka. Untuk #SahabatSenyum pecinta anabul yang ingin berdonasi dan memberikan dukungan kepada program sterilisasi kucing, kunjungi situs website kami di www.seribusenyum.org.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *